/Kesbangpol Blora Gelar Sesarehan FKUB di Kecamatan Japah

Kesbangpol Blora Gelar Sesarehan FKUB di Kecamatan Japah

Japah, 17/05/2017 – Dalam rangka upaya peningkatan ketahanan sosial, kondusifitas serta toleransi kehidupan beragama, bermasyarakat dan berbangsa di Kecamatan Japah, Kantor Kesbangpol Kabupaten Blora bekerja sama dengan Kantor Camat Japah melaksanakan sarasehan lintas agama dengan tema “Membumikan Toleransi dan Kerukunan Antar Umat Beragama Dalam Bingkai NKRI.”

Kerukunan Umat Beragama yaitu hubungan sesama umat beragama yang dilandasi dengan toleransi, saling pengertian, saling menghormati, saling menghargai dalam kesetaraan pengamalan ajaran agamanya dan kerja sama dalam kehidupan masyarakat dan bernegara.

Kerukunan Antar Umat Beragama dapat diwujudkan dengan : saling tenggang rasa, saling menghargai, toleransi antar umat beragama, tidak memaksakan seseorang untuk memeluk agama tertentu, melaksanakan ibadah sesuai agamanya dan mematuhi peraturan keagamaan baik dalam agamanya maupun peraturan Negara atau Pemerintah oleh H.Nuril Anwar, SH. MH ( Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Blora ).

Umat beragama diharapkan perkuat kerukunan jika agama dapat dikembangkan seagai faktor pemersatu maka ia akan memberikan stabilitas dan kemajuan negara Menteri Agama Muhammad Maftuh Basyuni berharap dialog antar umat beragama dapat memperkuat kerukunan beragama dan menjadikan agama sebagai faktor pemersatu dalam kehidupan berbangsa. “Sebab jika agama dapat dikembangkan sebagai faktor pemersatu maka ia akan memberikan sumbangan bagi stabilitas dan kemajuan negara”, katanya dalam Pertemuan Besar Umat Beragama Indonesia untuk Mengantar NKRI di Jakarta.

dalam sela sela acara H. Ishad Shofawi menyampaikan Tri Kerukunan Umat Beragama : yaitu yang pertama Kerukunan Antar Umat Beragama, yang kedua Kerukunan Intern Umat Beragama dan yang ketiga Kerukunan Dengan Pemerintah. hal tersebut diataslah yang menjadi nilai – nilai yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari – hari sehingga terciptanya kehidupan bermasyarakat yang madani, aman dan sejahtera.