/Gerdal Serangan Hama Tikus di Pengkolrejo

Gerdal Serangan Hama Tikus di Pengkolrejo

Kegiatan Gerakan Pengendalian Hama Tikus dilaksanakan pada hari Rabu, 12 Juli 2017 yang difokuskan di Desa Pengkolrejo dengan lokasi areal lahan wilayah Kelompok Tani 10 Pengkolrejo (Muntholib). Kegiatan tersebut diselenggarakan merupakan tindak lanjut setelah pengamatan langsung sebelumnya oleh Petugas POPT (Subiyono, SP) bersama PPL pada hari Kamis, 06 Juli 2017 terhadap kawasan tanaman jagung varietas Bisi dan Bima dengan luasan 12 hektar dengan umur 10-15 HST sesuai laporan ketua Gapoktan “Sido Asih” Pengkolrejo (Lilik Nursusanto) yang disampaikan ke Kantor UPT Kec. Japah.

Acara gerakan dibuka dan dimulai pukul 08.30 wib dengan Pengarahan dari Kepala UPT Kec. Japah (Budi Sumardiyanto, SP), dalam pengarahannya menegaskan bahwa penerapan aplikasi pestisida bakar harus berhati-hati sehingga tidak menimbulkan jatuh korban karena keracunan melalui asap dan dilaksanakan sesuai SOP, kemudian dilanjutkan pengarahan dari POPT Kec. Japah (Subiyono,SP.) yang menjelaskan tentang SOP teknis penggunaan pestisida oposan dan menambahkan petani agar waspada terhadap serangan hama tikus pada bulan Juli  sampai Agustus karena populasinya meningkat. Dan, berikutnya dilanjutkan pelaksanaan aplikasi teknis ke lokasi langsung dengan penggunaan bahan aktif pestisida bakar  merek Tiran  untuk pengendalian serangan hama tikus.

Setelah dari eksekusi serangan hama tikus di lahan, dilanjutkan dengan pembinaan Pengurus di Sekretariat Kelompok Tani 10 Desa Pengkolrejo. Ka. UPT kec. Japah berpesan agar Pengurus Kelompok Tani/Gapoktan supaya aktif untuk memfasilitasi petani baik saat mendapatkan bantuan pemerintah maupun tidak sehingga senantiasa tetap eksis. Dengan demikian dapat menjadi modal/daya dukung terhadap masuknya segala program/kegiatan luar untuk tergerak berinvestasi/bermitra maupun mendemplot sehingga kelompok tani/gapoktan menjadi maju dan berkembang. Serangkaian Kegiatan Gerakan Pengendalian Hama Tikus ditutup jam 10.00 WIB dan sekaligus pamitan.