/Kunjungan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Lapangan Keberadaan LTT Tanaman Padi

Kunjungan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Lapangan Keberadaan LTT Tanaman Padi

Tepatnya hari Senin, 03 Juli 2017, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora berkenan melakukan kunjungan lapang ke Desa Ngapus Kecamatan Japah terkait keberadaan percepatan Luas Tambah Tanam (LTT) tanaman padi pada masa tanam ke-3 (tiga).

Dalam kunjungannya, Bu Kadin merasa bangga ternyata di wilayah Japah masih terdapat lahan pertanian yang masih bisa melakukan kegiatan percepatan LTT tanaman padi yang selama ini belum terekspos dan juga ingin melihat lebih dekat akan keberadaan “sawah loncongan” yang sebagaimana telah dikabarkan oleh Kepala UPT Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kec. Japah sebelumnya melalui WA Group Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Blora.

Kegiatan percepatan LTT tanaman padi di wilayah Kecamatan Japah  tersebut seluas 59 hektar, yang terdapat di wilayah Desa Ngapus keltan “Sri Sadono” dengan 2 lokasi tanam dan Desa Sumberejo keltan Sido Mulyo 2 serta tersebar secara spot-spot di desa-desa lain.

Dengan adanya kunjungan Bu Kadin tersebut, Kepala UPT Kec. Japah (Budi Sumardiyanto, SP) merasa mendapatkan perhatian karena di wilayah Kecamatan Japah memiliki potensi yang luar biasa meskipun di musim kemarau masih terdapat tanam padi untuk tanam ke-3 yang belum terekspos. Selain itu, Desa Ngapus juga terdapat jambu mete yang cukup potensial selain di Desa Krocok yang menurut pangsa pasarnya prospektif dengan datangnya pembeli-pembeli dari kecamatan Todanan saat panen mete.

Disisi lain, Camat Japah menyambut baik akan kegiatan tersebut setelah Ka. UPT Kec.Japah menyampaikan informasi tentang Kunjungan Bu Kadin terkait LTT di Desa Ngapus seusai pelaksanaan Senam Pagi Jum’at di Kantor Camat Japah (14/7’2017).

Kondisi lapangan saat ini sudah tanam dengan umur bervariatif antara  1 s/d 4 minggu setelah tanam (HST). Hal tersebut dapat terwujud berkat kerja keras para petani dan kelompok tani setempat dengan pembinaan dan dampingan penyuluh pertanian Kec. Japah dan para pihak maupun instansi terkait.

Dengan demikian, momentum kunjungan lapang tersebut, akan memberikan stimulan bagi desa-desa lain di wilayah Kecamatan Japah terhadap potensi-potensi lain yang belum tergalikan yang nantinya dapat menjadikan potensi unggulan yang terpetakan sehingga dapat meningkatkan perekonomian petani di Kabupaten Blora khususnya wilayah kecamatan Japah.