/Keseruan Penilaian Lomba SISKAMLING

Keseruan Penilaian Lomba SISKAMLING

Japah, 14 Agustus 2017, Penilaian Lomba Siskamling bertempat di Desa Sumberejo Kecamatan Japah Kabupaten Blora yang dihadiri oleh Camat Japah, Kepala Desa, Linmas, Bhabin Kamtibmas, Babinsa, Polsek Japah serta Tim Penilai dari Polres Blora berjalan meriah dan disambut antusias oleh Warga Masyarakat Desa Sumberejo.

Dalam sambutan Kepala Desa Sumberejo Mbah Dikan menyampaikan selamat datang Tim Penilai dari Polres Blora harapan Desa Sumberejo menjadi Desa aman dan nyaman bagi warga Desa Sumberejo.

Menurut Camat Japah Kiswoyo, SH, M.Si maksud dan tujuan dilaksanakan lomba ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran masyarakat dan linmas untuk mendukung keamanan di Desa Sumberejo umumnya dan Kecamatan Japah pada khususnya.

Kenapa Desa Sumberejo di pilih mewakili Kecamatan Japah dalam lomba Siskamling “Desa Sumberejo adalah salah satu Desa yang perkembangan serta peningkatan cukup baik dalam pembangunan fisik maupun keamanannya, sehingga terpilihlah Desa Sumberejo untuk mewakili Kecamatan Japah untuk maju dalam Lomba Siskamling ini”. Ungkap Kiswoyo, SH, M.Si.

Lebih lanjut menjelaskan mudah mudahan semangat kerja sama yang sudah ditunjukkan antara perangkat desa, bhabimkabtibmas, babinsa, Linmas serta warga masyarakat mendapatkan prestasi yang luar biasa, sehingga sebelumnya Desa Sumberejo sudah mendapatkan berbagai macam prestasi di tingkat kabupaten antara lain juara 1 Lomba PHBS, Juara 3 Lomba Posyandu semoga keadaan ini tetap terjaga.

Senada dengan itu Kapolsek Japah AKP. Daryoto mengucapkan terimakasih kepada warga Desa Sumberejo, Bhabinkabtimas serta babinsa yang telah menjadikan Desa yang aman dan nyaman, semoga Desa Sumberejo mendapatkan juara.

Kemudian Tim Penilai dari Polres Blora yang diwakili oleh AKP, Sumaedi memberi sedikit Peragaan Tanda Kenthongan serta Simulasi Pelaporan Kejadian Bahaya,

Kenthongan merupakan alat komunikasi masal pada jaman dahulu. kenthongan sangat efektif untuk menyampaikan informasi pada masanya. namun saat ini peran kenthongan telah tergantikan oleh kenthongan era baru, berupa radio, televisi, HP, internet, dan lain-lainnya.
adapun kode-kode kenthongan  Ada beberapa tanda bunyi kenthongan yang bisa diingat kembali.
1. Kenthong I ada tanda Rojopati/ orang meninggal
2. Kenthong II ada tanda Pencurian
3. Kenthong III ada tanda Kebakaran
4. Kenthong IV ada tanda Banjir
5. Kenthong V ada tanda Hewan ilang


namun saat ini kita akan kesulitan mendengar bunyi kentongan. kecuali pada hari-hari bulan ramadhan, dimana pada saat itu kenthonngan di pakai untuk ronda.