/Kunjungan Satgas GSIB Bumil Resti di 2 Desa

Kunjungan Satgas GSIB Bumil Resti di 2 Desa

Japah, 14 September 2017, bertempat di Desa Pengkolrejo dan Desa Bogorejo,Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Japah, Kepala UPT Puskesmas, Kepala IPT TK/SD, Kepala UPT KB, Danramil, Kapolsek, Ketua TP PKK Kecamatan, Ketua TP PKK Desa, Ketua Muslimat, Ketua Aisyiah dan Bidan Desa.

Kehamilan Resiko Tinggi adalah keadaan yang dapat mempengaruhi keadaan opimalisasi ibu maupun janin pada kehamilan yang dihadapi, kehamilan resiko tinggi adalah beberapa situasi dan kondisi serta keadaan umum seseorang selama masa kehamilan, persalinan nifas akan memberikan ancaman pada kesehatan jiwa ibu maupun janin yang dikandung.

Dalam rangka menurunkan angka kematian Ibu dan Bayi di Kecamatan Japah melalui Gerakan Sayang Ibu dan Bayi ( GSIB ) Kepala Dinas/Instansi se-Kecamatan Japah membentuk Kelompok Kerja Satgas GSIB tingkat Kecamatan Japah, dalam hal ini Ketua TP PKK Kecamatan sebagai Ketua. Angka Kematian Ibu dan Bayi menjadi perhatian dan tanggung jawab bersama, hal yang dilakukan adalah dengan cara melakukan kunjungan ibu hamil resiko tinggi yang ada di wilayah Kecamatan Japah

Tujuan diadakan kunjungan adalah mengetahui secara langsung bagaimana keadaan ibu hamil resti, memberikan penyuluhan dan saran tentang apa yang harus segera dilakukan oleh bumil resti supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, melakukan pendekatan yang bertujuan agar bumil resti mau memeriksakan keadaan kehamilannya.

Melalui kunjungan ini Tim memberikan bingkisan untuk bumil resti berisi makanan penambah gizi ibu hamil dengan data sebagai berikut :

No Nama Umur Desa Jenis Resiko
1 Dasni 39 Tahun Pengkolrejo G6 P5 A0
2 Kamariyatun 33 Tahun Pengkolrejo Posisi Janin Sungsang
3 Siti Maryati 34 Tahun Pengkolrejo Umur > 35 Tahun
4 Sutik 43 Tahun Bogorejo Umur > 35 Tahun
5 Supiah 35 Tahun Bogorejo Anemi, Tidak mau periksa