/Penyuluhan Pencagahan Penyalahgunaan Dana Desa

Penyuluhan Pencagahan Penyalahgunaan Dana Desa

Japah, 9 Oktober 2017 Penyuluhan Pencegahan Penyalahgunaan Dana Desa se – Kecamatan Japah dari Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah ( TP4D ) Kabupaten Blora bertempat di Pendopo Kecamatan Japah, dihadiri oleh Inspektorat Kabupaten Blora, Kejaksaan Negeri Kabupaten Blora, Dinas PMD Kabupaten Blora, Polres Blora, Polsek Japah serta Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua LKMD/TPK, Ketua TP PKK dan Bendahara Desa se – Kecamatan Japah.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan penyuluhan tata cara pengelolaan keuangan desa sesuai peraturan perundang – undangan serta memberikan pencerahan dalam pengelolaan keuangan desa untuk menghindari resiko kesalahan administrasi maupun subtansi.

kegiatan ini meliputi beberapa materi pembinaan yaitu Pengelolaan Keuangan Desa, Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa, Pencegahan Tindak Pidana Penyelahgunaan Dana Desa, serta Sanksi Hukum Tindak Pidana Korupsi.

“Karena Beban Kepala Desa dengan adanya Dana Desa yang cukup besar sehingga pentingnya Kepala Desa mendatangkan Tim Pengawal Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah ( TP4D ) di Kecamatan Japah”, ungkap Akhmad Supaedi Kepala Desa Ngapus Kecamatan Japah.

Senana dengan itu Camat Japah Kiswoyo, SH, M.Si juga mengungkapkan kegelisahannya karena dana yang diterima oleh aparatur Pemerintahan Desa sangat besar, namum sampai saati ini pemerintah masih kurang melaksanakan Penyuluhan Pengawalan terkait Dana Desa.

Dengan adanya sosialisasi ini saya harap aparat desa mengetahui fungsi kewenangannya dalam menggunakan dana desa, pergunakan sebaiknya sesuai aturan yang berlaku, pungkasnya