/Kirab Budaya Hari Jadi Blora Ke-268 Sukses Digelar

Kirab Budaya Hari Jadi Blora Ke-268 Sukses Digelar

Kirab Budaya dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupatena Blora ke-268 berlangsung meriah dan suskes di gelar. Ribuan warga masyarakat antusias menyaksikan agenda yang di helat tahunan itu. Kirab menggambarkan perjalanan pemerintahan Kabupaten Blora dari masa ke masa dengan menonjolkan budaya dan kearifan lokal setempat.

Start kirab dari pendopo rumah dinas Bupati Blora, kemudian finish di Blok T Blora (lebih kurang 1,5 kilometer)). Acara dimulai pukul 08.30 WIB sampai dengan selesai.

Instrumen gamelan kreatif bernuansa religi dari kelompok seni dan pelajar menjadi penyemangat suasana Hari Jadi Blora yang bertema ‘Wis Wayahe Koncoro’ tahun ini.

Selain itu, ada dua gunungan yang dipikul petugas berisi jajanan dan hasil bumi (palawija) Blora.

Bupati Blora Djoko Nugroho bersama istri berada paling depan dengan mengenakan pakaian adat kerajaan dengan diapit ajudan/pembawa payung dan enam orang prajurit Bhayangkara.

Selama dalam perjalanan, warga masyarakat khususnya remaja, saling berebut jabat tangan dengan Bupati.

Paraga kirab terdiri subo manggolo, tindih prajurit, pembawa bendera merah putih dan lambang daerah.

Kemudian urutan kirab oleh Ketua DPRD, Wakil Bupati, Dandim 0721 Blora, Kapolres, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, Danyon 410, Dan Sub Denpom, Ketua Pengadilan Agama, Kepala Rutan. Masing-masing didampingi istri dan ajudan.

Mengiringi langkah paraga budaya, yakni manggolo retno, domas, manggolo yudho, prajurit patangpuluhan, prajurit tetabuhan, prajurit pembawa gunungan lanang dan wadon.

Berikutnya tata urutan pangombyong kirab yaitu sepasang duta wisata Blora tahun 2017, kelompok DPRD dan Setwan. Selanjutnya Kelompok Penegak Hukum (pejabat di jajaran Polres, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Rutan Blora, Kodim 0721 dan Pengadilan Agama Blora).

Berikutnya Kelompok Setda dan Kelompok Camat se Blora, kelompok siswa berprestasi/pemenang lomba, Kelompok Dinas Daerah. Kelompok Lembaga Teknis Daerah, Kelompk instansi vertikal, Kelompk PT / Persero, kelompok BUMN/BUMD, dan Kelompok Perbankan. Selain itu ada kelompok seni budaya (barongan dan tayuban).

Masing-masing kelompok ditentunkan berdasarkan daerah persiapan dengan didampingi penanggung jawab.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Kebudayaan (Dinporeabudpar) Kunto Aji melalui Kepala Bidang Kebudayaan Sukartono mengemukakan, Kirab Budaya yang berlangsung Hari Senin, 11 Desember 2017 mendapat respon dari warga masyarakat.
Itu terbukti, antusiasnya warga menyaksikan dan mengabadikan mementum tersebut.

“Kami mengapresiasi atas atusias warga menyaksikan dan ikut menyemarakkan Kirab Budaya.Dari pantauan kami, kirab berlangsung aman dan tertib,” ujarnya.

Pihaknya menyampaikan, selain malam resepsi hari jadi Kab Blora, masih ada rangkaian kegiatan lainya hingga menjelang pergantian tahun baru 2017 menuju 2018.

Kirab budaya dijaga ketat oleh aparat keamanan baik dari Polri, TNI, Sat Pol PP dan Dinrumkimhub Bidang Perhubungan. (Dinkominfo Kab. Blora)